Republik Galileo: Format dan Harapan

Oleh : Barokat Anas Ahimsa

Rayon Pencerahan Galileo, kita tahu deklarasi kemerdekaannya pada tanggal sepuluh-Juni tahoen 2000. Empat belas tahun ke-maujud-an nya mampu bertahan di atas bumi multi-kultural kehidupan “masyarakat”, menunjukkan peran dan pengorbanan, serta tanggung jawabnya dari masa-ke-masa.

Setetes tulisan ini sengaja tidak akan terlalu memfokuskan soal gagasan gerakan dan kaderisiasi formal dalam basis eksak seperti yang di cantumkan dalam tema besar momentum Hari lahir (HarLah) Rayon PMII Pencerahan Galileo ini. Karena tantangan itu merupakan jalan lapang pun terjal yang harus senantiasa dihadapi serta diperjuangkan oleh para pengurus sebagai mandataris organisasi PMII, di level Rayon khususnya.

Namun secara khusus, dalam kesempatan yang baik ini dengan sekaligus diadakan kembali temu kader, Jaringan Alumni Rayon Galileo Nasional (JaRGoN) yang sejatinya telah dibentuk dan terbentuk secara semi-semi formal dua tahoen silam. Ya sebuah komunitas anyar sebagai ruang perjumpaan para kader-kader alumni yang terlahir sebagai “aktifis” di rahim gubuk yang sama, Rayon Pencerahan Galileo..Maka pada momentum inilah yang akan menjadi spirit silaturahim tersendiri, dan dengan melihat bagaimana kiprah perjalanan Jaringan Alumni kita sejauh ini, inilah yang nantinya harus kita refleksi-kan bersama tentang Format (eksistensi) serta manfaat (harapan) di masa depan.

Jika melihat di masa-masa awal keberadaannya, Ibarat tentara yang baru lahir masuk ke medan perang tanpa di dukung persenjataan dan logistik yang memadai; itulah gambaran kondisi Jaringan Alumni Rayon Galileo sekilas saat ini. Ide awal pembentukan-nya tidak di barengi konsep yang matang, alhasil..terkesan asal-asalan memang, harus kita akui dan rasakan bersama. Orientasi pemikiran antar anggota (cadre) buram sedemikian rupa, alias tidak satu tujuan arahnya. Dan sementara target yang di bebankan untuk Jaringan alumni kita ini belum sempat terjahit secara rapi.

Dalam perhelatan “cangkruan” temu kader serta konsolidasi jaringan alumni yang telah di persiapkan oleh para pengurus dan pengabdi Rayon Pencerahan Galileo, semoga masih ada banyak opsi-opsi untuk menyusunan format Jaringan Alumni sebagaimana idealnya, dan terlontar harapan dari setiap kader yang nantinya tidak sebatas terhimpun, tapi bisa digerakkan bersama, ikwal berupa ide serta gagasan dari para sahabat-sahabat, penguatan kembali database alumni, mempertajam komunikasi antar lini karena mengingat kenyataan sejauh ini persebaran para kader alumni seakan tidak terjangkau lagi. serta cita-cita suci jangka panjang untuk memiliki gubuk rayon permanent di sepuluh-sebelas tahun yang akan datang..dan-lain2-nya.

Dan jika benar-benar bisa kesampaian untuk mensolidkan langkah-langkah (format visi) yang akan  tersusun dari hasil musyawaroh bersama pada momentum silaturahim tahun 2014 ini, maka kedepanya jangan lagi membiarkan Jaringan ini jalan sendiri. setidaknya “kemesraan” pada perhelatan temu alumni akan bisa menggali kembali semangat kekeluargaan yang selama ini terkubur. serta menjadi bingkisan “ter-indah” untuk mengenang hari lahir pergerakan kita, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesa Rayon Pencerahan Galileo, semoga & semoga..!!

*********

Selamat Harlah 4 belas tahun..”Rayon Galileo-Ku, Galileo-Mu, Galileo-Kita”. Teruslah memberi pencerahan untuk Republik yang gelap ini.

Comments

Popular posts from this blog

Kesan dan Pesan

Peringatan Hari Lahir (HARLAH) PMII Rayon Pencerahan GALILEO XIV